Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RPP Kelas 1 Tema 1 Subtema 2 Tubuhku K13 Revisi 2020 TERBARU



Unduh RPP Kelas 1 Tema 1 Subtema 2 Tubuhku K13 Revisi 2020 TERBARU - RPP merupakan kepanjangan daripada Rencana Pelaksanaan Penataran. RPP dibuat dari seorang guru biar dapat melaksanakan pembelajarandengan baik serta terkontrol dengan indah. Sejumlah guru menggunakan RPP sebagai buku petunjuk interior mengajar, oleh karena itu saat saat diajarkan yang kelas, guru makin mantap dalam mengarahkan. RPP dikelolah menggunakan mengakomodasikan penelaahan tematik, keterpaduan lintas matapelajaran untuk tingkah laku oleh keterampilan, serta keanekaragaman budaya, selain hal tersebut RPP pula dibuat dengan menggubris korespondensi dan keterpaduan jurang KI, KD, indikator pencapaian kompetensi, substansi pembelajaran, kesigapan penataran, penilaian, serta titik berat belajar didalam suatu keutuhan yang mengabikatkan pengalaman yang baik dalam bersekolah.RPP Kelas 1 Tema 1 Subtema 2 Tubuhku K13 Revisi 2020 TERBARU







Adapun RPP Kelas 1 Tema 1 K13 Revisi 2020 yang akan kami bagikan kali ini terdiri atas 6 (enam) pertemuan tatap muka, untuk pertemuan pertama dengan tujuan:



  1. Melalui lagu, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh.

  2. Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapat menyebutkan bacaan nama bagian-bagian tubuh.

  3. Melalui ragam gerak, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh.

  4. Setelah berdiskusi dengan teman, siswa dapat menunjukkan aturan tentang menjaga kesehatan tubuh di rumah hubungannya dengan makan makanan yang sehat.

  5. Dengan berlatih, siswa dapat mengenali kosa kata dan memasangkan bagian-bagian tubuh dengan namanya.

  6. Dengan bermain peran, siswa dapat menunjukkan aturan saat makan di rumah.




Sedangkat kegiatan pembelajarannya dibagi atas 3 kegiatan yaitu:


1. Kegiatan Pendahuluan:



  • Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

  • Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)




2. Kegiatan Inti Mengenal anggota tubuh dengan bernyanyi:




  • Untuk mencairkan suasana, guru mengajak siswa untuk menyanyi bersama “Dua mata saya”. (lihat buku siswa halaman 2)(Collaburation)

  • Sambil menyanyikan lagu “Dua mata saya”, siswa menunjuk bagian-bagian tubuh sesuai dengan teks lagu. (Creativity and Innovation)

  • Setelah itu, guru menunjukkan gambar bagian-bagian tubuh dan menempelnya di papan tulis.

  • Minta siswa mengamati gambar tubuh tersebut. Gambar tubuh tersebut belum ada namanya.

  • Guru lalu bertanya pada siswa apakah ada yang mengetahui nama-nama bagian tubuh pada gambar yang ditempel di papan tulis. Guru mengapresiasi jawaban siswa yang mau menjawab dengan meminta siswa tersebut untuk menunjukkan bagian tubuh sesuai dengan jawabannya. (Communication)

  • Guru memancing siswa lain untuk aktif mengidentifikasi nama-nama bagian tubuh.

  • Guru meminta semua siswa untuk mengecek jawaban mereka. Guru lalu mengambil kartu kata nama-nama anggota tubuh.

  • Guru memperlihatkan salah satu kartu nama anggota tubuh dan membacakannya. Minta salah satu siswa untuk menempelkan kartu nama tersebut di dekat bagian tubuh sesuai dengan yang dimaksud.

  • Guru memperlihatkan kartu yang lain, membacakannya, dan meminta siswa yang lain untuk menempel kartu nama tersebut. Begitu seterusnya sampai semua kartu nama anggota tubuh tertempel pada gambar.

  • 1Guru dan siswa mengecek bersama. Guru menunjuk salah satu bagian tubuh dan menyebutkan namanya. Guru lalu membaca kartu nama anggota tubuh yang tertempel di dekat anggota tubuh tersebut. Cocok atau tidak ya antara nama anggota tubuh di kartu dengan anggota tubuh yang dimaksud. (Collaburation)

  • Jika ada kartu nama yang salah tempel, minta siswa lain untuk membetulkannya.

  • Setelah semua kartu nama anggota tubuh sudah dicek, guru lalu membacakan semua kartu nama anggota tubuh sambil menunjuk anggota tubuh yang dimaksud. Siswa menirukan bacaan dari guru. (lihat buku siswa halaman 39)

  • Setelah siswa menirukan, guru dan siswa bersama-sama membaca nyaring nama-nama bagian tubuh sambil guru menunjuk nama dan anggota tubuh yang dimaksud.

  • Guru lalu bertanya kepada siswa, bagaimana ya caranya supaya badan sehat. (siswa akan memberi banyak jawaban, salah satunya adalah makan)

  • Guru bertanya kepada siswa, bagaimana sikap yang harus ia tunjukkan di rumah saat hendak makan, sedang makan, dan selesai makan.

  • Untuk menjawab pertanyaan tersebut, guru meminta siswa menggali informasi dari teman sebangku tentang aturan saat makan di rumah.

  • Siswa akan bertanya jawab, yaitu bagaimana sikap yang harus ia tunjukkan di rumah saat hendak makan, sedang makan, dan selesai makan.




3. Kegiatan Penutup:


Kerja Sama dengan Orang Tua



Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. 


Peserta Didik :



  • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. 




Guru :



  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

  • Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian





RPP diatas merupakan salah satu pertemuan tatap muka yang kami kutip, untuk Download RPP Kelas 1 Tema 1 Subtema 2 Tubuhku K13 Revisi 2020 TERBARU yang lebih lengkapnya kami gabungkan keseluruhan file dengan format .rar yang dapat di unduh melalui tautan disini


Posting Komentar untuk "RPP Kelas 1 Tema 1 Subtema 2 Tubuhku K13 Revisi 2020 TERBARU"