Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persiapkan Diri Pendaftaran 2.800 Guru Penggerak Telah Dibuka!


Cadiak.id - Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.


Persiapkan Diri Pendaftaran 2.800 Guru Penggerak Telah Dibuka!


Guru penggerak akan berperan untuk:




  1. Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya

  2. Menjadi pendamping bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah

  3. Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah

  4. Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

  5. Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah



Sebagaimana yang kami kutip dari laman gtk.kemendikbud - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) resmi membuka pendaftaran seleksi bagi calon Guru Penggerak mulai Senin (13/7/2020) hingga Rabu (22/7/2020). Pada angkatan pertama, seleksi calon Guru Penggerak akan dibuka untuk guru-guru jenjang TK, SD, SMP, dan SMA. Sementara itu untuk pendaftaran guru SLB akan dibuka pada angkatan selanjutnya. Sementara, untuk pendaftaran calon Guru Penggerak bagi guru SMK nantinya akan dikelola Direktorat Jenderal Vokasi Kemendikbud.






Masih di laman yang sama, “Kita perlu banyak sekali guru-guru penggerak ini karena memang pendidikan atau kepemimpinan dalam pendidikan di Indonesia perannya sangat besar,” tutur Iwan pada Bincang Sore melalui virtual di Jakarta, pada Senin (13/7/2020).







Sebagai informasi, pada tahap pertama, seleksi calon Guru Penggerak akan dilaksanakan pada 23 s.d. 30 Juli 2020 dengan meliputi seleksi administrasi, biodata, tes bakat skolastik, esai, dan studi kasus pembelajaran.  Selanjutnya, pada tahap kedua yaitu pada 31 Agustus s.d. 16 September 2020 akan dilakukan tes simulasi mengajar dan wawancara. Tahap terakhir adalah pengumuman hasil seleksi calon Guru Penggerak angkatan pertama pada 19 September 2020.







Alokasi peserta program angkatan pertama, yaitu sebanyak 2.800 calon Guru Penggerak yang menyasar 56 kabupaten/kota mewakili enam wilayah di Indonesia, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Papua dan Maluku. Menurut Iwan, angkatan pertama guru penggerak merupakan perwakilan Indonesia bagian barat, tengah dan timur. Dari setiap masing-masing daerah terpilih, akan ada 50 calon guru penggerak.







Kriteria umum untuk menjadi Guru Penggerak:



  1. Guru jenjang TK, SD, dan SMP, SMA.

  2. Guru PNS maupun Non PNS baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta.

  3. Memiliki akun guru di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

  4. Memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1/D4.

  5. Memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun.

  6. Memiliki masa sisa mengajar tidak kurang dari 10 tahun.

  7. Memiliki keinginan kuat menjadi  Guru Penggerak.




Jadwal Program Guru Penggerak:



  1. Pembukaan pendaftaran Calon Guru Penggerak: 13-22 Juli 2020.

  2. Seleksi Tahap I (registrasi, esai, Tes Bakat Skolastik): 23 Juli - 30 Agustus 2020.

  3. Seleksi Tahap II (simulasi mengajar, wawancara): 31 Agustus - 16 September 2020.

  4. Pengumuman Calon Guru Penggerak: 19 September 2020.

  5. Pelaksanaan Pelatihan Guru Penggerak: 5 Oktober - 31 Agustus 2020.






Untuk informasi lebih lanjut, guru dapat mengakses sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/faq/. Sementara itu untuk mendaftar langsung saja mengakses website sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak dan bagi yang ingin mengajukan berbagai pertanyaan dapat mengirim surat elektronik ke guru.penggerak@kemdikbud.go.id (Surat Elektronik).






Perlu diketahui bahwasannya Pelaksanaan Program Guru Penggerak tidak dipungut biaya atau gratis. Jika ada oknum yang mengatasnamakan panitia pelaksana program pendidikan guru penggerak yang memungut biaya, Anda dapat melaporkan kejadian ini melalui email guru.penggerak@kemdikbud.go.id

Posting Komentar untuk "Persiapkan Diri Pendaftaran 2.800 Guru Penggerak Telah Dibuka!"