Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Program Kerja Komite Sekolah


Cadiak.id - Contoh Program Kerja Komite Sekolah 2020 - Komite sekolah dibentuk sebagai bagian dari penerapan Managemen Berbasis Sekolah (MBS). Dalam MBS, sekolah mempunyai wewenang untuk mengelola dirinya sendiri. Pengelolaan sekolah ini dijalankan dengan asas partisipasi, transparansi dan akuntabilitas. Artinya dalam pengelolaan sekolah, Dewan Pendidik, khususnya kepala sekolah bekerja sama dengan masyarakat sekolah. Oleh sebab itu diperlukan wadah yang bisa dipakai oleh masyarakat sekolah untuk mengemban amanat tersebut. Wadah tersebut adalah KOMITE SEKOLAH. Dasar hukum pembentukan komite sekolah adalah Kepmendiknas Nomor 044/U/2002. Sejak Kepmendiknas tersebut diundangkan, sudah banyak komite sekolah yang didirikan.


Contoh Program Kerja Komite Sekolah


Meski sudah diundangkan cukup lama, dan banyak sekolah sudah membentuk komite sekolah, namun secara nasional gaung komite sekolah belum nyaring. Seperti diakui oleh Depdiknas (Acuan Operasional dan Indikator Kinerja Komite Sekolah, 2004), banyak komite sekolah yang belum mampu mengemban peran dan fungsi yang diamanatkan oleh peraturan perundangan yang ada. Hal ini disebabkan banyak faktor. Salah satu faktor penting yang menjadi penyebab kurang berperannya komite sekolah di antaranya adalah sangat terbatasnya sosialisasi tentang peraturan perundang-undangan yang mengatur komite sekolah. Faktor lain adalah pelatihan-pelatihan bagi komite sekolah masih sangat kurang.





Mengingat dengan pentingnya Komite Sekolah tersebut, dan bagi Sekolah-sekolah yang ingin membentuk Komite Sekolah tentunya harus membuatkan Program Kerja Komite Sekolah, dan Struktur Organisasi Komite Sekolah tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, maka berikut ini kami bagikan Contoh Program Kerja Komite Sekolah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing Sekolah:











Posting Komentar untuk "Contoh Program Kerja Komite Sekolah"